Artikel

PARKET (Lantai Kayu) Engineered: Lantai Kayu Asli memberikan suasana Hangat dan Alami

Material lantai memberikan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan dalam ruangan karena bersentuhan langsung dengan salah satu bagian tubuh kita yaitu kaki.

Pemilihan material lantai ditentukan oleh jenis kegiatan yang akan dilakukan di atas permukaannya, jenis barang-barang yang akan ditaruh, serta fungsi ruangannya.

Salah satu material yang menjadi trend pilihan untuk lantai adalah kayu karena tampilan warna, serat, dan tekstur kayu menghadirkan suasana hangat dan alami, serta mewah dan elegan.

Lantai kayu atau disebut juga Parket (Parquet) yang saat ini banyak digunakan adalah tipe Parket Engineered yang terdiri dari 3 lapis atau lebih lapisan kayu yang disusun dengan arah serat saling silang, dan diproduksi dengan teknologi yang inovatif.

Lapisan paling atas (Top layer) merupakan Jenis Kayu keras tertentu yang memiliki warna dan corak yang indah.

Jenis kayu yang sering digunakan untuk lapisan atas adalah White Oak, Walnut, Jati, Merbau, dan masih banyak jenis kayu lain yang memiliki corak yang indah dan tentunya yang memiliki standard kekerasan untuk permukaan lantai.

Lapisan bawah terdiri dari Plywood atau Lumber Core yang dirangkai dengan Veneer Backing.

Pada umumnya Parket Engineered tersedia dalam bentuk Pre-finished, yaitu sudah menggunakan finishing UV Lacquer ataupun Oil, sehingga dapat langsung dipasang.

Tipe Parket (Lantai kayu) Engineered ini banyak diminati mengingat produk ini memiliki kestabilan yang lebih terhadap perubahan kelembaban udara, terutama untuk tipe produk papan lebar (Wide plank).

Untuk ruangan dengan desain interior Scandinavian yang didominasi warna Putih, Abu-abu, dengan kombinasi warna krem dan coklat tua, maka pemilihan Parket yang sesuai adalah warna Terang seperti White Oak warna natural (Gbr. 1), atau White Oak dengan sentuhan warna White Wash White Oil (Gbr. 2) untuk nuansa yang lebih putih

Gbr. 1. Parket White Oak Warna Natural

 

Gbr. 2. Parket White Oak White Wash White Oil

 

Untuk ruangan dengan desain interior tipe Country, maka pemilihan Parket White Oak dengan corak Rustik dan tekstur Open Pore, serta warna Carbonized (Coklat) yang dihasilkan dari proses Heat Treatment (Gbr. 3) akan memperkuat karakter suasana Country di dalam ruangan.

Gbr. 3. Parket White Oak Carbonized, Rustik, Open Pore.

 

Untuk Ruangan dengan desain interior yang meng-ekspos karakter material alam seperti Batu atau Semen, maka pemilihan Parket White Oak dengan corak Rustik dan tekstur Open Pore, serta warna Smoke White Wash (ke-abu-abuan) yang dihasilkan dari proses kombinasi Heat Treatment dan Fuming (Gbr. 4a dan 4b) akan memperkuat karakter material alam.

Gbr. 4a. Parket White Oak Smoke White Wash

 

Gbr. 4b. Parket White Oak Smoke White Wash, Rustik, Open pore

 

Pola pemasangan parket juga memperkuat daya tarik tampilan Lantai kayu. Selain pemasangan parket dengan pola papan memanjang seperti pada gambar 1 – 4 di atas, terdapat juga pola pasang Herringbone (Pola Tulang Ikan).

Pola pasang Herringbone umumnya cocok untuk ruangan dengan desain Classic, Semi Classic, juga dapat diaplikasikan untuk ruang dengan desain Scandinavian.

Untuk ruangan dengan desain Classic atau Semi Classic, dapat menggunakan warna kayu natural (Gbr. 5a.). Sementara untuk ruang dengan desain Scandinavian, lebih sesuai dengan sentuhan finishing warna putih pada permukaan kayu Parket. (Gbr. 5b.)

Gbr. 5a. Parket Herringbone White Oak warna Natural

 

Gbr. 5b. Parket Herringbone White Oak Warna White Oil/ White Matt Lacquer

 

Demikian sedikit ulasan mengenai Ide desain pemilihan Parket (Lantai kayu) Engineered.

Semoga bermanfaaat.

 

SELECTA INTERIOR – www.selectainterior.com

Ide Desain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *